Pagelaran Wayang Kulit

Pagelaran Wayang Kulit ini mengenalkan dan mengajarkan generasi muda untuk menumbuhkan cinta seni budaya Jawa. Bupati berharap, pertunjukan wayang kulit diharapkan tidak hanya memberikan tontonan tapi dalam cerita juga terdapat tuntunan.

Festival Gunung Slamet

Festival Gunung Slamet merupakan agenda rutin yang mempunyai makna yang amat dalam, selain untuk nguri-nguri budaya Jawa yang adiluhung, juga untuk menunjang sekaligus mempromosikan potensi wisata Desa Serang Kecamatan Kerangreja.

warga-bergiliran-menuangkan-air-1280x640

Ebeg Purbalingga

Ebeg merupakan salah satu seni tradisional yang masih diminati masyarakat di Kabupaten Purbalingga, hingga dianggap sebagai kesenian rakyat. Kesenian tari ini menggunakan boneka kuda yang terbuat dari anyaman bambu dan kepalanya diberi ijuk sebagai rambut. Didaerah lain kesenian ini biasanya disebut kuda kepang.

Sendra Tari Babad

 Oktaviani Suswanti menciptakan Sendra Tari Babad yang menggambarkan terbentuknya Desa Tanalum yang semula hutan lebat. Gambaran hutan ini dipentaskan dalam bentuk penari yang membawa sejumlah gunungan. Bupati Purbalingga mengapresiasi kreatifitas warga setempat dengan membuat sendra tari Babad Tanalum dan Pesta Budaya.

Tari-Babad-Tanalum-5